Jumat, 01 April 2016

Walikota Bandung Lantik Forum Pemantau Independen Pembangunan Zona Integritas

Bandung, Kilmed - Dalam rangka mencegah tindakan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, Walikota Bandung Ridwan Kamil melantik Forum Pemantau Independen Pembangunan Zona Integritas di Auditorium Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Jumat (01/04/2016).

Tim ini memiliki fungsi seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) namun untuk level kota saja.

"Alhamdulillah, satu mimpi reformasi kota Bandung sudah berjalan, yaitu membentuk KPK versi kota. Tetapi KPK versi ini tidak mempunyai cantolan hukum nya, oleh karena itu kita memberikan nama forum pemantau zona integritas," Jelas Ridwan.

Forum ini akan memiliki fungsi yaitu pencegahan dan pendidikan antikorupsi tetapi tidak ada penindakan karena tidak ada payung hukum nya. Tim ini juga akan diberikan akses ke instansi-instansi untuk membuka data dan menerima laporan masyarakat soal adanya dugaan tindak pidana korupsi sama seperti KPK.

"Nantinya tim akan rutin setiap bulan melaporkan hasilnya ke Walikota, Inspektorat maupun pihak aparat hukum" tandas Ridwan.

Forum Pemantau Independen Pembangunan Zona Integritas akan diisi oleh Indonesia Corruption Watch (ICW), Transparency International, Akademisi dari Unpad, jurnalis dan komunitas.

"Korupsi merupakan masalah besar, hanya Bandung memiliki hal sistematis, semoga ini menjadi contoh buat kota-kota lain nya bahwa pemberantasan korupsi kita sangat serius," terangnya.

Dengan adanya forum pemantau ini diharapkan dapat menguatkan pengawasan terhadap aparatur maupun Inspektorat Pemerintah Kota Bandung.

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :