Jumat, 25 Maret 2016

Penyebab Banjir, Sampah Sungai Citepus akan Dibersihkan

Bandung, Kilmed -  Setelah melakukan rapat terkait penyelesaian masalah sampah Sungai Citarum yang difasilitasi Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung sepakat berkolaborasi dengan unsur TNI dan komunitas pecinta lingkungan untuk mengangkut sampah yang menumpuk memenuhi Sungai Citepus.


Siang tadi Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil didampingi Dandim 0618/BS Kolonel Inf Agoes Hari Soewanto, meninjau langsung proses pengangkutan sampah di Desa Cijagra dan Sungai Citepus di Desa Cangkuang Wetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/3/2016).


Lintas wilayah pembersihan anak Sungai Citarum yang menghubungkan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung tersebut menerjunkan ratusan personel TNI dari Kodim 0618/BS, alat berat backhoe, excavator dan dumptruck untuk mengangkat sampah kepermukaan dan dibuang ke tempat pemrosesan akhir sampah.


Puluhan ton sampah dan sedimentasi menutupi sungai tersebut mencapai 3.600 meter kubik dengan ketebalan mencapai enam meter terhampar sampai 100 meter persegi, sungai tersebut tengah menjadi sorotan lantaran wujudnya yang penuh dengan sampah yang disinyalir turut berdampak pada bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bandung.


Dikatakan Ridwan pengangkutan sampah tersebut adalah kebutuhan yang mendesak saling membantu lintas wilayah, "Ini hasil rapat koordinasi dengan Provinsi juga sebelumnya sudah berkoordinasi dengan kabupaten Bandung, intinya saling membantu,"
Persoalan sampah ini merupakan tanggung jawab bersama dikatakan Ridwan "Karena memang sebagian harus kita akui juga ada sampah dari Kota Bandung, sebagaian dari Kabupaten Bandung Barat macam-macam karena ini lintas wilayah,"


Ia mengatakan pengangkutan sampah ini merupakan solusi jangka pendek yang harus segera dituntaskan agar dalam beberapa hari sampah di sungai tersebut menjadi lebih bersih.


Untuk solusi jangka menegah, Ridwan meminta agar rapat koordinasi antar wilayah untuk solusi sampah dipersering sambil berupaya menyadarkan masyarakat Kota Bandung agar tidak membuang sampah di sungai, "Ini bagian lintas wilayah bagian dari Provinsi, supaya kita sisit titik-titik yang bermasalah, dan dibantu untuk membendung sampah di 40 sungai Kota Bandung," pungkasnya.

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :