8/22/2022

Kasus Pertama Cacar Monyet Terkonfirmasi di Indonesia, Yana Imbau Masyarakat Terapkan PHBS

BANDUNG - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus Cacar Monyet.

"Masyarakat tetap harus melaksanakan perilaku hidup bersih. Dengan kita melaksanakan protokol kesehatan sama seperti kita mencegah Covid 19, harusnya secara teori kita bisa terhindar dari paparan cacar monyet," kata Yana di Bandung, Senin 22 Agustus 2022.

Sebelumnya, penyakit cacar monyet ditemukan di Indonesia. Wabah yang awal mula teridentifikasi di benua Afrika itu dikabarkan telah menyerang seorang pria asal Jakarta berusia 27 tahun yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri.

Yana mengkonfirmasi hingga saat ini tidak ditemukan penyakit Cacar Monyet di Kota Bandung. Ia berharap Kota Bandung tidak akan terkena penyakit Cacar Monyet.

"Jangan sampai ada di Bandung. Masyarakat harus taat protokol kesehatan, kalau kita memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan harusnya kita bisa terhindar," katanya.

Untuk diketahui, penularan cacar monyet bisa terjadi dari manusia ke manusia, maupun dari hewan ke manusia. Sebab, penyakit ini merupakan zoonosis yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia.

Dikutip dari Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Monkeypox Kementerian Kesehatan RI, cacar monyet menular melalui kontak langsung dengan hewan atau manusia terinfeksi.

Penyakit ini juga menular melalui benda yang terkontaminasi virus monkeypox.

Umumnya, virus masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang terluka atau terbuka meski tak terlihat.

Virus juga bisa masuk melalui saluran pernapasan maupun selaput lendir dari mata, hidung, atau mulut.

Pasien cacar monyet akan menularkan virus saat mengalami gejala, biasanya 2-4 minggu setelah terinfeksi. 

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :