9/09/2020

Oded: Kaum Milenial Harus Melek Politik

BANDUNG, - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengungkapkan, Kota Bandung sangat membutuhkan partisipasi kaum milenial pada pembanguan. Salah satu bentuk partisipasi kaum milenial yaitu turut menyalurkan aspirasinya pada Pemilihan Umum.

Oleh karenanya, Oded menyambut positif kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mengedukasi kaum milenial melalui program pendidikan pemilih berkelanjutan.

"Harapan saya kehadiran KPU bukan sekedar penyelenggara pemilu melainkan bisa mengedukasi kepada masyarakat terkhusus kepada kelompok milenial," harap Oded saat menerima audiensi dari KPU Kota Bandung di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Rabu 9 September 2020.

Menurut Oded, sosialisasi tentang pentingnya proses politik memang harus terus digelorakan.

"Sosialisasi kepada milenial tentang urgensi sebuah proses politik, ini penting. Karena orang dewasa pun masih belum 'tune in' terhadap proses politik. Entah karena pengaruh kondisi sosial ekonomi ataupun hal lainnya," ucapnya.

Kendati demikian, pada kondisi saat ini, Oded mengingatkan setiap kegiatan wajib memperhatikan protokol kesehatan.

"Harus ada 2 aspek yg terpenuhi sebagai target kita yaitu aspek kuantitas dan aspek kualitas," lanjutnya.

Menurutnya, aspek kuantitas dilakukan secara virtual (dalam jaringan), teknisnya bisa bekerja sama dengan Dinas Pendidikan maupun Kesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik).

Setelah itu, evaluasi mengenai jumlah milenial yang mempunyai potensi dan tertarik pada program tersebut.

"Kemudian beri pendidikan yang lebih intensif. Sebanyak 10 orang saja bisa jadi role model," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung Suharti mengapresiasi dukungan Pemkot Bandung. Khususnya yang telah memberikan hibah APBD kepada KPU Kota Bandung.

"Karena dengan hibah APBD ini, kita dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tidak dianggarkan pada anggaran KPU," akunya.

Menurut suharti meskipun di tengah pandemi Covid-19, edukasi kepada pemilih berkelanjutan harus tetap diberikan secara maksimal. Hal tersebut bisa dilakukan melalui teknologi.

"Aplikasi yang dibuat, nantinya bisa digunakan siswa untuk melakukan pemilu mini (pemilihan ketua OSIS) dengan menggunakan aplikasi ini. Ada scan wajah untuk mengetahui pemilih atau bukan," terangnya. *Red

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :