5/07/2019

Tip Jalani Bulan Ramadan Ala Mang Oded

Bandung, - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berharap, warga Kota Bandung tetap produktif saat Ramadan ini. Salah satu bentuk produktivitas yaitu semakin dekat dengan Allah SWT.

"Kita harus merencanakan apa saja yang akan dilakukan selama Ramadan ini. Mumpung masih awal Ramadan, rencanakan sebaik mungkin," ujarnya saat memberikan ceramah tarawih, di Masjid Al Ukhuwah, Senin (6/5/2019).

Dalam ceramahnya, Oded menyampaikan tiga tip menjalani Ramadan dengan mudah. Pertama, membaca Alquran. Kedua, salat tepat waktu. Terakhir, infak dan sedekah.

Menurutnya, umat muslim sangat mudah melakukan tiga hal tersebut. Pasalnya tiga tip itu merupakan kebiasaan umat muslim selama ini. Sehingga, ia menyarankan agar umat muslim meningkatkan tiga hal tersebut selama Ramadan ini.

"Baca Alquran itu, misalkan sehari satu juz, ya di bulan Ramadan ini bisa 2 juz," ujarnya.

Sedangkan terkait salat, Oded mewanti-wanti agar kaum muslimin melaksanakannya tepat waktu. Menurutnya, muslimin wajib melaksanakan salat dan tidak boleh menunda apalagi meninggalkannya.

"Ketika azan berkumandang, setop kegiatan kita, pekerjaan hentikan dulu. Kita ambil wudu dan salat berjamaah dengan tepat waktu," tegasnya.

Mengenai infak dan sedekah, Oded mengingatkan agar umat muslim harus saling memberi dan membantu yang membutuhkan. Hal itu sesuai dengan kebiasaan Rasulullah yang selalu memberi kepada yang membutuhkan.

"Biasakan gemar berinfak sedekah. Ditutup dengan zakat fitrah di akhir Ramadan ini. Bagi para pengusaha atau punya kekayaan cukup maka tunaikan zakat mal," kata Oded.

Ia berharap umat muslim bisa mengimplementasikan tiga hal tersebut di Ramadan ini. Sehingga umat muslim Kota Bandung semakin dekat dengan Allah SWT.

"Isi Ramadan yang istimewa ini dengan program yang baik dan berkualitas," ujar Oded. Red

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :