3/26/2018

Proyek BIJB dibedah dalam Event Penerbangan Internasional di Swedia

Bandung, - Passenger Terminal EXPO and Conference 2018, konferensi kebandarudaraan yang paling dihormati di dunia kembali digelar di Stockholm, Swedia pada 20 - 22 Maret. PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) mengirimkan delegasinya Annisa Pangestuti, yang menjabat sebagai Kepala Departemen Manajemen dan Evaluasi Proyek PT BIJB, untuk membedah proyek dengan nilai investasi Rp 2,6 triliun tersebut.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, pembangunan Bandara Kertajati yang menggunakan skema kemitraan pemerintah dan swasta (KPS) disampaikan kepada sekitar 7.000 peserta dari 100 negara yang hadir. Skema ini disebut merupakan yang pertama di Indonesia dalam pembangunan sebuah bandara.

"Ini adalah sebuah kehormatan dimana kami bisa memaparkan langsung proyek Bandara Kertajati pada banyak narasumber yang hadir dari sejumlah negara," kata Virda di Bandung, Minggu 25 Maret.

Keikutsertaan PT BIJB yang berstatus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jabar dalam acara tersebut menyampaikan best practice pembangunan dan pembiayaan yang melibatkan beberapa unsur. Upaya Pemerinah Provinsi Jawa Barat, untuk menghadirkan bandara sejauh ini bisa diwujudkan karena PT BIJB selaku penanggung jawab bisa menggaet, untuk pendanaan dari investor langsung serta perbankan.

"Kita ketahui pembangunan ini bisa melibatkan unsur pemerintah pusat untuk sisi udara dan pemerintah daerah, lalu BUMD, BUMN swasta baik untuk konstruksi dan pembiayaan, lalu ada perbankan juga," ungkap Virda.

Virda melanjutkan, keterlibatan beberapa unsur tersebut, bisa dilihat dari pembagian saat membiayai sisi darat proyek Bandara Kertajati. Pemegang saham langsung mayoritas tetap dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Jasa Sarana dengan porsi hampir Rp 1 Triliun. Lainnya yang melalui skema langsung, yakni masuknya investasi dari PT Angkasa Pura II (Persero).

Untuk menutupi kekurangan pendanaan, diterbitkan skema lainnya yakni loan dan ekuitas. Loan diterbitkan dari Sindikasi Perbankan Syariah sekitar Rp 906 miliar. Ketujuh Bank tersebut yang memberikan pinjaman perbankan yakni Bank Jateng Syariah, Bank Sumut Syariah, Bank Kalbar Syariah, Bank Sulbar Syariah, Bank Jambi Syariah dan Bank Kalsel Syariah.‎ Adapun sisanya PT BIJB menerbitkan produk berbasis ekuitas yakni, rekasa dana penyertaan terbatas (RDPT) yang sudah disahkan Otoritas Jasa Keungan (OJK).

Skema pembiayaan dan konstruksi inilah yang kemudian mendapatkan apresiasi sehingga PT BIJB berkesempatan turut bagian dalam konferensi prestis di Swedia tersebut.

Menurutnya hadirnya BIJB dalam event Passenger Terminal EXPO and Conference 2018 merupakan kesempatan luar biasa untuk melihat dan belajar tentang berbagai inovasi dan pengetahuan yang beragam di dunia penerbangan.

"Ini menarik karena seluruh peserta berkumpul mengatasi masalah bersama, mendiskusikan solusi dan bertukar ide untuk pengembangan bandar udara di masa depan. Dan hebatanya lagi Bandara Kertajati bisa diapresiasi di sana," imbuh Virda.

Passenger Terminal EXPO and Conference 2018 merupakan event dunia penerbangan terbesar di dunia. Peserta bukan saja hadir dari pengelola bandara, tapi dari otoritas penerbangan, maskapai, pemerintahan, eksekutif bisnis dan lainnya. Selain konferensi, event juga menghadirkan pameran yang menampilkan beberapa produk dan layanan serta inovasi dan solusi paling mutakhir tentang keselamatan penumpang untuk bandara di seluruh dunia.

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :