Kamis, 25 Januari 2018

Baznas Kota Bandung Distribusikan Dana Zakat Senilai 11 Miliar

Bandung, Kilasmedia - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung menyalurkan Rp 1,1 miliar lebih dana zakat kepada 929 penerima di Masjid Agung Al Ukhuwah Jalan Wastukancana, Kamis (25/1/2018). Distribusi zakat tersebut terbagi menjadi 4 program bantuan.

Menurut Wakil Ketua II Bidang Distribusi dan Pendayagunaan  Baznas Kota Bandung,  Yusuf Abdul Kadir, keempat program bantuan tersebut yaitu Bandung Cerdas,  Bandung Peduli, Bandung Makmur, dan Bandung Takwa.

"Pertama, Bandung Cerdas untuk kategori bantuan pendidikan tingkat SMP, SMA, serta bantuan pendidikan untuk Strata 1. Bantuan ini telah didistribusikan melalui instansi pendidikan yang berkaitan serta disalurkan langsung hari ini," katanya usai membuka acara penyaluran zakat di Masjid Al Ukhuwah.

Sedangkan program Bandung Peduli difokuskan pada  bidang kesehatan serta bantuan sosial ekonomi (fakir miskin) dan bantuan sosial bagi disabilitas. Program ketiga yaitu Bandung Makmur berupa modal bagi mustahik (penerima zakat) untuk menambah modal usaha.

Terakhir, program Bandung Takwa  yaitu bantuan kepada guru ngaji serta sarana dan prasarana yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan.

Dana tersebut diperoleh Baznas Kota Bandung salah satunya dari hasil zakat ASN Kota Bandung melalui aplikasi Ayo Bayar Zakat.

"Jadi saya mohon untuk memanfaatkan zakat ini sesuai dengan kebutuhan, amanah Ketua Baznas khususnya untuk penerima zakat bapak-bapak jangan dibelikan rokok dari uang hasil zakat," tegasnya.

Red

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :