Kamis, 17 November 2016

Empat Daerah Bandung Raya Lakukan MoU

Bandung, - Koordinasi antar wilayah di Bandung Raya semakin diperkokoh dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah dan Pengembangan Potensi Daerah di Wilayah Bandung Raya yang dilaksanakan di Bandara Husein Sastranegara, Kamis (17/11/2016).

Penandatanganan dilakukan oleh keempat kepala daerah, yakni Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil, Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan, Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto, dan Bupati Bandung Barat Abubakar. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum, dan HAM Provinsi Jawa Barat Achadiat Supratman Sanro'i.

Kerja sama yang dijalin oleh keempat wilayah yang secara geografis saling bersinggungan itu mencakup bidang ekonomi, pariwisata, hingga koordinasi kebencanaan.

Di sektor pariwisata, Ridwan Kamil mengatakan bahwa keempat wilayah ini harus bersinergi untuk memfasilitasi enam juta wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

"Turis mah nggak tahu batas kota. Mana Kota Bandung, mana Kabupaten Bandung Barat, Cimahi dan Kabupaten Bandung. Di sinilah mengapa kita harus berkolaborasi bersama," ujar Emil.

Dari segi ekonomi, Pemerintah Kota Bandung mengajak kota dan kabupaten sekitarnya untuk bekerja sama mempromosikan produk-produk Bandung Raya.

"Kita sudah punya brand namanya Little Bandung dan sudah punya dua toko di Malaysia. Dalam waktu dekat akan buka juga di Korea Selatan. Brand ini bisa mewakili produk-produk di Bandung Raya juga, itu kenapa namanya Bandung. Mari kita keroyok. Tempat sudah disediakan silakan manfaatkan untuk industri-industri di Bandung Raya," ajak Emil.

Little Bandung juga telah membuka toko di salah satu sudut di Bandara Husein Sastranegara yang diresmikan pada hari yang sama oleh keempat kepala daerah. Di dalamnya telah ada produk-produk Bandung yang siap dipasarkan kepada para wisatawan.

"Di toko Little Bandung, baru ada kota Cimahi dan Kota Bandung yang jualan. Jika belum, kami mengajak yang lainnya untuk ekspor juga produknya. Di sinilah kita maju bersama. Kita insya Allah berdaya bersama," seru Emil.

Selain itu, kerja sama ini dinilai Ridwan juga akan mempermudah koordinasi kebencanaan. Kini, baik di level pimpinan maupun di bawahnya, antar wilayah ini dapat langsung berkoordinasi menyelesaikan masalah-masalah lintas wilayah.

"Yang penting setiap ada masalah yang butuh koordinasi, maka forum ini sudah lebih cair. Tiap tiga bulan sekali saya sudah inatruksikan para asisten (Pemerintah Kota Bandung) untuk bertemu dan koordinasi," pungkas Wali Kota.

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :