5/11/2023

Sebanyak 1.600 Polisi RW Siap Jaga Kamtibmas Kota Bandung

BANDUNG - Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna bersama Kapolrestabes Bandung Kombes Budi Sartono secara resmi meluncurkan program polisi RW di Balai Kota Bandung, Kamis 11 Mei 2023.

Sebanyak 1.600 anggota Polisi RW yang akan bertugas di 1.558 RW di seluruh Kota Bandung. Itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat Kota Bandung, terutama layanan yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna mengapresiasi hadirnya Polisi RW ini. Menurutnya ini merupakan gagasan, inovasi dan strategi yang sangat luar biasa untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi dari jajaran Kepolisian.

"Tugas besarnya adalah menghadirkan kamtibmas di wilayahnya. Kalau ada gangguan keamanan dan ketertiban apapun di masyarakat bisa langsung disampaikan kepada para Polisi RW," kata Ema.

Ema menyebut, peran serta masyarakat juga menjadi krusial dalam menjaga kamtibnas di Kota Bandung. Ia optimistis hadirnya inovasi Polisi RW ini dapat mengakselerasi Kota Bandung semakin kondusif.

"Kalau situasi sudah aman maka kegiatan pembangunan apapun juga situasi ekonomi juga akan lebih baik. Kita memiliki peluang besar jadi lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung, Kombes Budi Sartono mengatakan Polisi RW hadir menjadi fasilitator untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat. 

Baik itu masalah dugaan kriminalitas, gangguan lingkungan masyarakat, permasalahan antar tetangga yang bisa diselesaikan secara musyawarah mufakat. 

"Masyarakat bisa langsung menghubungi Polisi RW apabila ada gangguan kamtibnas di wilayahnya," ungkapnya.

Nantinya, Polisi RW akan berkoordinasi dengan para ketua RW dan Babinkamtibmas. Ia mewajibkan para Polisi RW ini untuk turun langsung ke lapangan minimal dua kali dalam sepekan.

"Para ketua RW nanti apabila ada kejadian penyalahgunaan minuman keras atau gangguan lain bisa langsung menghubungi kepada para Polisi RW," katanya.

"Ini adalah upaya kami untuk mengakselerasi keamanan dan ketertiban di Kota Bandung," imbuhnya. 

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :