7/05/2022

Aksi Pemkot Bandung Turunkan Angka Stunting

BANDUNG - Sebagai bentuk komitmen dalam menurunkan angka stunting atau gagal tumbuh pada anak, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah melaksanakan seluruh aksi konvergensi stunting.

Aksi tersebut berkenaan dengan pengukuran dan publikasi stunting. Sebagai salah satu rangkaian penting dalam percepatan penurunan angka stunting yang tidak boleh terlewatkan.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, aksi konvergensi stunting tersebut dilakukan dengan kolaborasi dan koordinasi lintas sektor.

"Pada tahun 2021 Kota Bandung telah melaksanakan 8 (delapan) aksi integrasi yang saling menguatkan satu sama lain dengan mengedepankan kolaborasi dan koordinasi antar sektor dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan melalui sinkronisasi," jelas Yana, Senin 4 Juli 2022.

Yana mengatakan, Pemkot Bandung terus berkomitmen memperluas cakupan lokus stunting.

"kami memperluas cakupan kelurahan lokus stunting yang awalnya 15 kelurahan pada tahun 2020 menjadi 30 kelurahan pada tahun 2022," katanya.

Yana mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama berkomitmen dalam menurunkan angka stunting.

Selain itu, Pemkot bandung telah menjadikan pencegahan dan penurunan stunting sebagai prioritas pembangunan sumber daya manusia yang unggul.

"Sesuai dengan misi satu sasaran dua yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sebagaimana telah tertuang dalam perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung, Yunimar Mulyana menyebut, sebagai bentuk komitmen menurunkan angka stunting, pihaknya telah menjalankan berbagai program yang dirangkum dalam Bandung Tanginas.

"Bandung Tanginas merupakan inisiasi PKk untuk menciptakan keluarga tanggap stunting dengan pangan aman dan sehat, dimana dalam perkembangannya, bandung tanginas ini merupakan wadah dari berbagai inovasi," ujar Yunimar.

Berikut merupakan inovasi Kota Bandung dalam upaya penurunan stunting.

1. Aplikasi Bandung Tanginas; 
2. Beas Bereum atau bekal anak sekolah bergizi enak dan murah; 
3. Rembulan atau remaja bandung unggul tanpa anemia; 
4. Sigurih atau studi intensif gizi untuk remaja indonesia hebat
5. Buruan SAE yang merupakan budidaya pekarangan dan pengolahan pangan sehat
6. Upaya peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) melalui permodalan dan peningkatan keterampilan ;
7. Bang Kasep atau bangga kagungan septictank untuk pencapaian ODF 100 persen.

Selain itu, Yunimar mengatakan pihaknya telah membangun platform berbasis web dan mobile version terkait dengan pendataan stunting (e-penting).

"Aplikasi ini bertujuan untuk mendapatkan hasil pencatatan dan pendataan stunting yang akurat, sehingga dapat dijadikan bahan pengambilan keputusan untuk intervensi yang tepat dari setiap kasus stunting yang ada di wilayah Kota Bandung," katanya. 

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :