3/08/2022

Sadayana, Rumah Layanan Digital Kece Milik Kota Bandung

BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung terus berinovasi dalam menghadirkan layanan bagi masyarakat, salah satunya lewat aplikasi Bandung Sadayana. 

Seperti apa sih kecanggihan aplikasi ini?

Jadi, Bandung Sadayana atau Semua Digital Layanan Kota (di Play Store bernama Bandung Smart City) adalah rumah dari berbagai layanan digital Kota Bandung. Aplikasi ini berperan sebagai wadah literasi digital dan kolaborasi masyarakat kota Bandung.

Inovasi ini diluncurkan saat acara Bandung Connecticity, 17 Desember 2021 silam. Lewat aplikasi ini, masyarakat dapat berperan aktif dengan berbagi info, event, ide, dan layanan digitalnya melalui aplikasi ini.

"Keuntungan untuk masyarakat (dengan menggunakan aplikasi ini) ialah dapat dengan mudah menikmati semua layanan dalam satu platform dan dapat berperan aktif mewujudkan Bandung Smart City dengan kreativitas dan inovasi masing-masing," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana, Selasa 8 Maret 2022.

Ada lima fitur utama dalam aplikasi ini, antara lain: Citizen Journalism (Bandung Smart City Forum), WhatsApp bot di nomor 08112591810, Smart Event, Smart Food, dan Smart Form.

Selain itu, ada pula fitur pendukung yang terintegrasi dengan berbagai layanan digital pemerintah, start up di Kota Bandung Bandung dan instansi lainnya seperti: layanan kependudukan, perizinan, perpajakan, CCTV, stok darah PMI, harga pangan PD Pasar, open data, informasi Covid-19, JDIH, BPOM, tourism, LAPOR!, Call Center 112.

Selanjutnya, Yayan menyebut, beberapa layanan lainnya juga sedang dalam proses pengintegrasian.

Ia juga mengajak masyarakat Kota Bandung untuk berperan aktif dalam kemajuan Kota Bandung menuju kota yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis.

"Jadilah bagian dalam mewujudkan Bandung Smart City dengan membangun kolaborasi kreativitas dan inovasi di Bandung Sadayana," pesannya.

Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store, web smartcity.bandung.go.id serta WhatsApp bot 08112591810.

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :