1/13/2022

Bantu Warga, Pemkot Bandung Gelar Operasi Pasar Minyak Goreng Murah

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar Operasi Pasar Murah minyak goreng, Kamis 13 Januari 2022. Operasi ini untuk membantu warga memperoleh minyak goreng yang kini harganya melambung.

Bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung menyediakan 7.200 liter minyak goreng untuk warga dengan harga Rp14.000 per liter.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil turun langsung untuk melakukan Operasi Pasar Murah di Taman Dewi Sartika Balai Kota Bandung.

Yana mengharapkan, dengan adanya operasi pasar murah minyak goreng bisa mempercepat proses distribusi dan membantu harga minyak untuk kembali normal.

"Masyarakat di tiap Kecamatan yang telah membeli minyak di acara Operasi Pasar Murah ini yang diundang melalui surat undangan," imbuhnya.

Ia menambahkan minyak yang ada di Operasi Pasar Murah Minyak Goreng ini diambil dan didata langsung oleh tiap kecamatan. Sehingga langsung habis di tempat.

"Kriteria pembelinya adalah pengguna manual langsung di masing-masih kewilayahan dan kelurahan," katanya.

"Minyak diambil dari mitra Provinsi Jawa Barat, dan dapat langsung dibeli di sini oleh warga," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah menyampaikan, kegiatan operasi pasar minyak goreng ini berlangsung selama 1 hari di Taman Dewi Sartika Kota Bandung.

"Jumlah untuk Kota Bandung ini 7.200 liter. Kemasannya adalah botol per satu liter. Untuk mekanisme kami pergunakan Rp14.000 per liter," ujarnya.

Untuk pembagian, pihaknya telah berkoordinasi dengan kewilayahan untuk pembagian dengan meminimalisir kerumunan.

Ia mengungkapkan, saat ini harga minyak goreng di pasaran sekitar Rp 20 ribuan.

"Mekanisme sesuai arahan pimpinan bahwa kita sekarang masih dalam pandemi Covid-19, untuk cegah kerumunan 7.200 kita berikan di wilayah. Alokasi tiap kelurahan itu 35 liter. Tiap kecamatan berbeda tergantung jumlah kelurahan," katanya.

Sedangkan di Taman Dewi Sartika disediakan sebanyak 600 liter.

Di tempat yang sama, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan, minyak yang ada di Operasi Pasar Murah ini dipusatkan di titik-titik tertentu dari kecamatan dikirim langsung ke kelurahan agar tidak terjadi kerumunan.

"Warga bisa datang langsung ke kantor kelurahan atau kantor desa, jadi tidak selalu di tempat-tempat besar seperti ini," ujar Emil.

"Operasi Pasar Minyak Goreng terus dilakukan dari 11 Kota Kabupaten. Minggu ini akan dilengkapkan ke 27 kota kabupaten," imbuhnya.

Ia menambahkan, pembagian Operasi Pasar diubah dengan beberapa cara agar bisa sampai ke masyarakat. Ada yang dipusatkan ke titik-titik tertentu, ada juga yang dikirim melalui Kelurahan atau Kantor Desa agar tidak berkerumunan.

Salah seorang warga, Alia berharap, pemerintah terus menggelar operasi pasar selama harga minyak tinggi.

"Saya berterima kasih banyak untuk acara Operasi Pasar Murah Minyak Goreng ini. Pemerintah Kota Bandung sangat membantu masyarakat yang sulit mendapatkan pasokan minyak dengan harga murah," ujarnya.

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :