8/28/2021

Kejar Target Herd Immunity, Pemkot Bandung Masifkan Vaksinasi

BANDUNG, - Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Bandung terus memasifkan pelaksanaan vaksinasi untuk mengejar target terbentuknya herd immunity di tahun ini.

Untuk memastikan hal itu berjalan sesuai rencana, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana turun langsung meninjau vaksinasi di sejumlah lokasi, Sabtu 28 Agustus 2021.

Lokasi pertama, Yana mengunjungi vaksinasi untuk usia 12-17 tahun di Kantor Kelurahan Sukamiskin.

Di wilayah tersebut vaksin diberikan kepada sekitar 1.237 dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac.

"Vaksin bukan untuk kepentingan diri sendiri tapi untuk kepentingan kita semua. Secara teori kalau saja 70 persen penduduk Bandung bisa divaksin akan menjadi tameng 30 persen yang tidak bisa karena berbagai hal," beber Yana di depan para remaja warga Sukamiskin.

Yana optimis Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa dilakukan dengan percepatan vaksin bagi para usia 12-17 tahun ini.

"Mungkin bisa PTM, karena ini usia 12-17 tahun masif dilakukan sebagai ikhtiar. Karena tenaga pendidik sudah selesai," kata Yana.

"Tinggal siswanya, kita harap sebelum PTM dibuka tenaga pendidik dan sudah selesai. Ini untuk memperkecil risiko," imbuhnya.

Sedangkan Lurah Sukamiskin, Farida mengungkapkan, Forum RW sampai LKK sangat membantu terselenggaranya kegiatan vaksinasi.

"Ini kita sediakan kolaborasi cantik. Kita jadwal dibagi per-RW sehingga tidak terjadi kerumunan," kata Farida.

Sementara itu, Camat Arcamanik, Firman Nugraha megungkapkan, sampai saat ini sudah mencapai 18.500 warga di wilayahnya yang tervaksin Covid-19.

"Sudah sekitar 20.000 dosis. Ada secara mandiri, baik dari puskesmas kelurahan maupun kecamatan," katanya.

Usai melaksanakan peninjauan di kawasan Sukamiskin, Yana melanjutkan peninjaun di SMA Pasundan 1, Jalan Balong Gede. Kegiatan tersebut sama dilakukan untuk usia 12-17 tahun.

Dekan Fisip Universitas Pasundan M. Budiana menyampaikan kegiatan tersebut berlangsung 2 hari dengan dosis 3.200.

"Kodam (Kodam III/Siliwangi) memberikan dosis itu sebanyak 3.200. Itu juga dibantu oleh berbagai pihak dan tenaga kesehatan dari sekolah tinggi kesehatan," ujarnya.

Dilaksanakan 2 hari, tanggal 28-29 Agustus 2021 ini pesertanya SMA Pasundan 1. SMK Pasundan 1, SMP pasunda1, SMP Pasundan 2 dan SMP Pasundan 4," tambahnya.

Yana juga menyempatkan memantau vaksinasi di Warung Koflok, Jalan Kopo Kecamatan Astanaanyar. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan target perharinya mencapai 500 dosis.

Menurut Camat Astanaanyar, Sukur Sabar, di Kecamatan Astanaanyar sudah mencapai 8.135 dosis dan vaksinasi dosis ke-2 mencapai 1.766.

Setelah itu, Yana kembali melanjutkan dengan memantau vaksinasi di Pusat Dakwah Islam (Pusdai). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Forum Aspirasi Pengusaha Jasa Pernikahan Bandung Raya dengan target 1.000 dosis.

Pusdai yang masuk dalam wilayah Kecamatan Cibeunying Kaler itu, warga sekitar pun mendapat bagian untuk disuntik vaksinasi jenis Sinovac. 

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :