6/01/2021

Taufik Hidayat: Pancasila Harus di Amalkan Dalam Kehidupan Bernegara

BANDUNG, - Setiap Tanggal 1 Juni  diperingati sebagai hari lahirnya lambang dasar negara yaitu Pancasila. Oleh karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengajak masyarakat agar terus mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Ketua DPRD Jabar, Taufik Hidayat mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila. Ia berharap seluruh lapisan masyarakat dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegera.

"Saya kira sudah semuanya sudah hafal Pancasila tetapi yang penting mau melaksanakan sila 1 hingga 5. Kalau itu dilaksanakan, Insyaallah negara makmur kita," kata Taufik, di Bandung. Selasa (1/6/21).

Ia menilai Pancasila tidak hanya sekadar lambang negara semata tetapi dapat dijadikan pedoman berkehidupan bernegera.

Di samping itu, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, DPRD Jabar mengadakan acara yang bertajuk parlemen mengabdi, acara itu melombakan podcast dan monolog bagi peserta didik tingkat SMA atau sederajat dengan mengusung teman Kelahiran Pancasila.

"Kami juga memfestivalkan tentang Pancasila, berarti itu menandakan begitu pentingnya Pancasila dan wawasan kebangsaan," lanjutnya.

Di momentum Hari Lahir Pancasila, Taufik berharap semua masyarakat tetap sehat, pandemi Covid-19 segera berakhir, dan pemulihan ekonomi mampu memberikan dampak positif. Kemudian, Pancasila dapat dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat terutama Jabar.

Untuk diketahui, Istilah Pancasila mulai diperkenalkan di sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sidang pertama BPUPKI berlangsung pada 29 Mei hingga 1 Juni tahun 1945. Kemudian, Pancasila ditetapkan ditetapkan sebagai dasar negara dan ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. 

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :