5/25/2021

Lewat FKA Kota Bandung, Anak Jadi Pelopor dan Pelapor

BANDUNG, - Untuk meningkatkan peran anak, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar pelatihan Forum Komunikasi Anak (FKA) Sebagai Pelopor dan Pelapor, di Hotel Horison Bandung, Selasa, 25 Mei 2021.

Perlu diketahui, FKA Kota Bandung merupakan sebuah wadah yang menjembatani aspirasi dan masukan dari anak-anak usia sampai 18 tahun kepada Pemkot Bandung.

Hadirnya FKA Kota Bandung ini pun diapresiasi oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial. Menurutnya, anak-anak merupakan generasi penerus kepemimpinan penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia, khususnya di Kota Bandung.

"Anak merupakan harapan bangsa. Oleh karena itu, Mang Oded sangat mengapresiasi kegiatan hari ini," ucap Oded pada acara pelatihan forum ini sebagai pelopor dan pelapor tahun 2021.

Untuk itu, Oded pun mengajak kepada para orang tua agar selalu memperhatikan potensi yang dimiliki oleh anak-anaknya.

"Dari pesan penting ini, sebagai orang tua tidak boleh abai terhadap potensi anak-anaknya," imbau Oded.

Oded mengatakan, anak-anak di Kota Bandung khususnya FKA Kota Bandung harus bisa menjadi generasi perubahan. Dimulai dari perubahan diri sendiri yaitu akhlak. Anak Kota Bandung juga harus bijak dalam menggunakan teknologi.

"Anak-anak sebagai pelopor artinya harus mampu membawa sebuah perubahan dan betul-betul harus memiliki sebuah akhlak yang mulia," ujarnya.

"Jangan terjebak bahasa-bahasa kasar. Justru sebagai pelopor, harus bisa memanfaatkan alat komunikasi kepada hal yang bermanfaat dan baik," tambahnya.

Oleh karenanya, Oded meminta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung untuk melaksanakan kegiatan forum ini secara periodik. Sehingga anak-anak semakin paham akan peran dan tugasnya.

"Sebaiknya kegiatan seperti ini dilaksanakan secara periodik. Jangan hanya indoor, tapi ajak juga anak anak kegiatannya outdoor. Walau masih suasana Covid-19, saya kira masih bisa disesuaikan. Terpenting protokol kesehatan harus dijaga ketat," ujarnya.

"Mang Oded berdoa, ke depannya akan lahir para pemimpin generasi yang membangun Kota Bandung dan Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Kepala DP3A Kota Bandung, dr. Rita Verita mengungkapkan, masukan dan aspirasi dari FKA Kota Bandung menjadi bahan bagi Pemkot Bandung dalam mengambil keputusan dan membuat kebijakan khususnya yang terkait dengan anak-anak.

"Anak-anak ini adalah anak-anak yang memang harus kita dengar masukannya," ungkapnya.

Acara pelatihan forum anak ini dihadiri oleh para Pengurus FKA Kota Bandung di tingkat kecamatan dan kelurahan. 

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :