4/26/2021

Pemkot Bandung Dukung Bulan Dana PMI Hingga Agustus

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan kembali memberi dukungan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung yang menggelar Bulan Dana hingga Agustus mendatang.

Dukungan tersebut dilontarkan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial saat menerima pengurus PMI di Balai Kota Bandung, Senin 26 April 2021.

Namun karena kondisi ekonomi masyarakat belum stabil akibat pandemi Covid-19, Oded meminta PMI Kota Bandung juga berkoordinasi dengan PMI di kota-kota lain.

"Mang Oded mendukung, coba lihat di kota-kota lain minimal di Bandung Raya pelaksanaannya seperti apa. Sekarang apa sudah memungkinkan untuk dilaksanakan," kata Oded 

Perlu diketahui, Bulan Dana PMI dilakukan dalam rangka mendukung pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat. Karena tugas PMI tidak hanya menyediakan darah ataupun kegiatan donor darah, tetapi membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, seperti membantu penanggulangan kebencanaan.

"Saya berharap apa yang akan dilakukan dalam rangka pelayanan kemanusiaan, menjadi amal soleh untuk kita," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Bandung, Ade Kusjanto mengungkapkan, dana yang terkumpul dari masyarakat sepenuhnya akan kembali kepada masyarakat. Karena sebagaimana tujuan dari bulan dana yaitu semata-mata untuk kepentingan masyarakat.

"Kiranya tahun ini ekonomi sudah sedikit menggeliat, kita coba sosialisasi kembali gerakan bulan dana. Ini semata-mata untuk kepentingan masyarakat kota dalam menghadapi kebencanaan," ungkapnya.

Di tempat sama, Kepala Markas PMI Kota Bandung, Anto Sumardianto menyampaikan, dalam kegiatan kebencanaan PMI membutuhkan biaya operasional pelayanan kebencanaan. Semua dana berasal dari dana hibah.

"Kita berharap di Bulan Juni sudah mulai, biasanya tiga bulan. Tapi kalau target belum tercapai biasanya ada perpanjangan dua bulan, dan target tahun ini Rp1 milyar, masih sama dengan tahun 2019," terangnya.

Perlu diketahui, Pelayanan kebencanaan PMI meliputi penanganan kecelakaan lalu lintas, penemuan jenazah, evakuasi covid-19, pelatihan kebencanaan di masyarakat, dan bantuan kebakaran. 

"Kita berharap masyarakat bisa berpartisipasi dan bulan dana bisa berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga kita bisa optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya. 

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :