Kamis, 04 Maret 2021

Terkait Penemuan Virus Varian Baru, Yana Minta Warga Bandung Perketat Prokes

BANDUNG - Hampir bertepatan dengan genap satu tahun pandemi Covid-19, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan, penemuan dua kasus varian baru virus corona dari Inggris (B117) ke Indonesia. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengungkapkan, kehadiran virus baru tersebut perlu disikapi dengan tepat yakni dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

"Kuncinya semua orang jaga diri masing-masing lewat prokes, kalau itu terus kita lakukan insyaallah," tuturnya di RSP Unpad, Rabu 3 Maret 2021.

Menurut Yana, karakter virus baru tersebut sepertinya hampir sama dengan virus corona, yakni mereka bisa bermutasi di selaput hidung, mata, dan mulut. Sehingga protokol kesehatan sudah menjadi sebuah budaya baru yang wajib diterapkan.

"Jadi selama kita proteksi itu dengan masker insyaallah tidak menular dan tidak tertular lalu cuci tangan. Karena tanpa disadari sehari kita 3.000 kali nyentuh area muka," tuturnya.

"Dan jaga jarak, karena droplet muncrat jarak 30-50cm. Kalau jaga jarak 1 meter dia tidak nempel di tubuh kita," imbuhnya.

Di tempat sama, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan, varian baru virus corona tersebut terdeteksi dari dua orang warga Kabupaten Karawang.

Untuk itu, Emil meminta tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Unpad untuk segera meneliti terhadap varian baru virus corona yang berasal dari inggris tersebut.

"Kami sudah melakukan pelacakan dan kalau boleh dari tim Unpad untuk meneliti varian UK B117 ini," tuturnya.

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :