Senin, 09 November 2020

Persiapkan Generasi Emas, Pemkot Bandung Serius Soal SDM

BANDUNG - Untuk mempersiapkan generasi emas pada tahun 2030-2040, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya dengan pengendalian jumlah penduduk melalui program Keluarga Bencana.

Program ini tidak hanya bertumpu pada kaum perempuan tetapi juga kaum pria.

"Saatnya Pria melakukan rencana yang matang untuk Keluarga yang berkualitas. Baik dalam konteks sebagai kepala keluarga maupun sebagai pemimpin dalam mengarahkan kualitas masa depan keluarganya," ujar Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Senin 9 November 2020.

Yana mengungkapkan hal itu saat memberikan Piagam Penghargaan dan Kelengkapan Atribut kepada Motivator KB Pria Serta Pelayanan KB Pria/Vasektomi di RS Kebonjati, Jalan Kebonjati.

Menurutnya, pembangunan SDM saat ini merujuk pada orientasi pengendalian pertumbuhan penduduk. Hal itu untuk terus menjaga kualitas dengan struktur yang seimbang, keluarga berencana dan kesehatan reproduksi.

Yana menjelaskan bahwa pada tahun 2030-2040 Indonesia diprediksi akan diisi oleh 64% penduduk dengan usia produktif (15-64 tahun).

"SDM sebesar ini harus dapat kita kelola dan persiapkan dengan baik. Tugas ini bukan hanya tugas pemerintah melainkan juga tanggung jawab masyarakat demi generasi emas di masa mendatang," jelas Yana.

Yana pun mengatakan bahwa peran serta masyarakat dalam pengendalian jumlah penduduk itu sangat penting. Kini pria pun harus memiliki peran lebih dalam pengendaliannya salah satunya dengan program keluarga berencana melalui vasektomi.

Menurutnya melalui program keluarga berencana memungkinkan setiap keluarga untuk merencanakan masa depan anak anaknya. Mulai dari dari segi pendidikan, kesehatan melalui lingkungan yang sangat mendukung tumbuh kembang kognitif dan kreatifitas anak.

Untuk itu, Yana yang juga sebagai peserta program keluarga berencana mengimbau kepada masyarakat Kota Bandung untuk dapat merencanakan masa depan keluarga melalui program program keluarga berencana.

"Insya Allah dengan melalui program program yang ada bisa membuat Putra/Putri kita semua dapat memiliki masa depan yang lebih baik lagi" tutup Yana.

Turut hadir dalam acara kali ini, antara lain Kepala DPPKB Kota Bandung, Andri Darusman, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Kusmana, serta perwakilan Kodim 0618/BS. 

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :