10/13/2020

Entaskan Buta Huruf Al-Quran, Kota Bandung Dukung Jabar Mengaji

BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mendukung kegiatan Jabar Mengaji. Pasalnya kegiatan tersebut sejalan dengan visinya mewujudkan Kota Bandung yang Unggul, Nyaman dan Sejahtera

Oleh karenanya, ia pun siap menjadi pembicara pada acara Jabar Mengaji bersama Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir pada Rabu 14 Oktober 2020. Rencananya acara tersebut siarkan secara langsung melalui akun Instagram @dony_ahmad_munir pada pukul 18.20-19.00 WIB.

"Saya memang memberikan perhatian yang besar terhadap pembentukan masyarakat Kota Bandung yang bernafaskan religius. Oleh karenanya pasti saya dukung," kata Oded saat menerima tim Jabar Mengaji di Pendopo Kota Bandung, Selasa 13 Oktober 2020.

Oded pun mengungkapkan, Pemkot Bandung telah rutin melaksanakan kegiatan keagamaan. Di antaranya, Subuh Berjamaah dan Magrib Mengaji. Selain itu, Pemkot Bandung juga telah menggelar program Lurah Mengaji.

Namun di masa pandemi Covid-19, telah menyebabkan adanya pergeseran pola yang signifikan. Paling signifikan yaitu di bidang pendidikan.

"Oleh karenanya, jika pendidikan bisa dilaksanakan pembelajaran daring maka pendidikan agama pun harus dilaksanakan (secara daring)," ujarnya.

Perlu diketahui, Jabar Mengaji memberikan pelayanan pembelajaran agama Islam kepada masyarakat melalui media daring. Di antaranya Magrib Mengaji online melalui IG live, kajian dan kelas Tahsin bada Subuh menggunakan aplikasi zoom meeting.

Termasuk juga membuka kelas Iqra online dan kelas Tahfidz online, dan beberapa pelatihan khusus untuk guru-guru mengaji.

Untuk itu juga, Oded mengapresiasi Jabar Mengaji yang memberikan alternatif saluran. Sehingga masyarakat tetap bisa memperoleh pendidikan agama di saat pandemi Covid-19. Apalagi, kata Oded, Jabar Mengaji ikut membantu menghentaskan buta huruf Alquran.

Oded sangat berharap Kota Bandung bisa memiliki banyak penghafal Alquran atau Hafiz.

"Mang Oded menginginkan tidak hanya cukup dengan munculnya rumah rumah Alquran di Kota Bandung atau dengan menciptakan 1 Hafiz Quran di 1 Kelurahan, tapi ingin untuk menciptakan Kota Bandung dengan 1000 bahkan lebih hafiz Quran," akunya.

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :