6/26/2020

HANI 2020, Oded Ajak Perkuat Ketahanan Keluarga

Bandung, - Pada momentum Hari Anti-Narkotika Internasional (HANI) 2020, Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengajak seluruh masyarakat untuk memperkuat ketahanan keluarga. Sebab benteng pertahanan terkuat melawan bahaya narkotika adalah keluarga.


"Benteng pertama dan utama adalah ketahanan keluarga. Sekalipun Kepala BNN pusat maupun BNN Kota Bandung punya program yang banyak dan luar biasa, kalau pertahanan pertama di keluarganya jebol, pasti jebol. Oleh karena itu pertahanan pertama dan utama adalah di keluarga kita masing-masing," seru Oded saat puncak peringatan HANI tingkat Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Jumat (26/6/2020).


Ia selalu menggaungkan agar setiap keluarga memiliki perhatian khusus pada tumbuh kembang anak. Menurut ayah dari tujuh orang anak itu, kasih sayang yang cukup dari orang tua dan keluarga terdekat merupakan hal yang terpenting dalam mengelola keluarga.


"Hanya di lingkungan keluarga dia akan tahan dari perilaku penyalahgunaan narkotika. Kalau harmonis, rukun, dan bisa memberikan teladan-teladan yang positif, maka insyaallah anak kita juga akan tahan dari bahaya narkotika," imbuhnya.


Peringatan HANI ini merupakan momentum untuk memperkuat upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Oleh karena itu publik internasional menggaungkan semangat untuk peduli tentang bahaya narkotika.


Kepala BNN Kota Bandung, AKBP Deni Yus Danial menuturkan, saat ini angka pengguna narkotika di Jawa Barat, termasuk Kota Bandung cukup memprihatinkan. Angka prevalensi Jawa Barat menjadi yang tertinggi di Indonesia.


Di Jawa Barat ini angka prevalensinya 0,6% atau sekitar 95.529 jiwa pengguna usia 15-62 tahun. 


"Di Jawa Barat, 20 persennya itu pengguna jarum suntik," katanya.


Tak heran, BNN terus gencar menekan permintaan dan peredaran narkotika untuk menyelamatkan anak bangsa. BNN ingin menyelamatkan generasi emas yang akan menyongsong bonus demografi 2030 mendatang.


"Pada peringatan HANI tahun ini kita mengangkat tema hidup 100% di era new normal, sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba," ungkapnya.


Pada peringatan HANI tahun ini, BNN Kota Bandung juga memberikan penghargaan kepada Wali Kota Bandung atas komitmennya dalam upaya P4GN. Penghargaan juga diserahkan kepada Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung, Dadang Gantina serta Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung Y. Ahmad Brillyana sebagai pegiat anti-narkoba.


Penghargaan lainnya diberikan kepada Lurah Kacapiring, Lurah Kujangsari, Lurah Cimincrang, Lurah Babakan, dan Gabungan Artis Seniman Sunda sebagai pegiatn anti-narkoba. *Red

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :