2/08/2020

Ketua TP PKK Kota Bandung Tinjau Banjir Guruminda

Bandung, - Ketua TP PKK Kota Bandung, Siti Muntamah Oded meninjau lokasi banjir di Komplek Guruminda Kecamatan Arcamanik, Kamis (6/2/2020) petang. Lokasi tersebut memang sempat terendam banjir akibat jebolnya kirimir di komplek tersebut pada Rabu (5/2/2020).

Selain dikarenakan kirmir yang ambrol, ternyata masih ada warga yang membuang sampah kesungai Cironggeng. Bahkan sempat ditemukan spring bed di sungai tersebut.

"Semalam sampai subuh itu hujan yang menyebabkan banjir setinggi paha. Itu ada kirmir sungai 10-15 meter yang ambrol," ujarnya.

"Penyebab utamanya itu satu perilaku yang tidak baik. Ditemukan spring bed di sungai itu. Tentu saja ini perilaku kurang baik. Maka di tahun 2020 warga Bandung saya harap bisa disiplin. Tidak buang sampah di sungai," tegas Umi, sapaan akrabnya.

Peninjauan tersebut juga untuk memastikan lokasi tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Dan juga untuk memastikan warga terdampak banjir memperoleh bantuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Didi Ruswandi mengaku akan mempercepat perbaikan kirmir yang ambrol tersebut. Ia mengupayakan pengerjaan kirmir akan selesai dalam 1-2 pekan ke depan.

"Untuk pembangunan kirmir ini kita minta percepatan. Intinya hal yang darurat bencana kita coba percepat 1-2 minggu bisa beres. Bulan ini selesai," tegas Didi.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat segera melaporkan jika mengetahui atau melihat kirmir yang sudah rapuh atau tidak kuat menahan beban air. Laporkan segera ke Dinas Pekerjaan Umum atau aparat kewilayahan setempat. Sehingga bisa segera ditindaklanjuti.

"Karena kondisi hujan saat ini, saya mohon warga untuk waspada. Bila ada kirmir yang tidak baik alangkah baiknya melapor," tuturnya.

Untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir, Pemkot Bandung melalui Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan juga telah memberikan bantuan. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana juga telah membersihkan lumpur di dalam komplek. Sedangkan Dinas Pekerjaan Umum langsung menutup kirimir yang rusak dengan bonjong karung.


kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :