Kamis, 05 September 2019

Pemkot Bandung Segera Bangun RSUD di Kawsan Gedebage

Bandung, - Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) berencana membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tak jauh dari Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage. Targetnya, RSUD tersebut bisa beroperasi pada 2023 mendatang.

Sebagai langkah awal, Pemkot Bandung tengah membuat Feasibilty Study (FS) atau studi kelayakan lahan baru untuk pembangunan RSUD.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, pembangunan RSUD akan menggunakan lahan sekitar 10 hektar. Pembangunan RSUD akan dimulai pada tahun 2021 atau 2022 mendatang. Targetnya dapat beroperasi pada tahun 2023.

"RSUD itu letaknya pas berhadapan dengan Stadion GBLA. Lahan kita ada 10 hektar. Ini sangat layak dan kapasitasnya akan jauh lebih baik dibanding kondisi eksisting (RSUD Kota Bandung di Ujungberung) sekarang," katanya usai meninjau lokasi rencana pembangunan RSUD di Gedebage, Rabu (4/9/2019).

Ema menambahkan, setelah studi kelayakan, tahap berikutnya yaitu tahapan perencanaan pembangunan melalui Detail Engineering Design (DED). Termasuk juga soal perencanaan anggaran yang dibutuhkan.

"Sekarang itu RSUD sedang FS dulu kemudian DED tahun 2020.  Targetnya itu tahun 2023 itu selesai. Pada tahun 2021 atau 202 sudah kelihatan bangunannya. Arahan wali kota seperti itu," ungkap Ema.

Terkait dengan RSUD Kota Bandung yang saat ini masih beroperasi, Ema mengatakan, nantinya RSUD di Ujungberung akan berpindah ke Gedebage. Namun, bukan tidak mungkin bangunan di Ujungberung dimanfaatkan sebagai sarana yang lain.

Hal itu seperti RSKIA Kota Bandung yang akan pindah ke gedung baru. Tetapi gedung lama masih akan dimanfaatkan sebagai ruang tertentu. Sehingga kedua gedung tersebut dapat dimanfaatkan. Red

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :