1/30/2019

Berhenti Jadi Kadisdik, Ini Ungkapan Elih

Bandung, - Elih Sudiapermana telah resmi berhenti dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung per 28 Januari 2019 kemarin. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pria kelahiran Ciamis tersebut.

Elih akan kembali ke institusi yang membesarkan namanya yakni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan menjadi dosen pendidikan luar biasa.

Elih pun menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemkot Bandung yang telah memberikan kepercayaan dan kepada UPI sebagai institusi asalnya. Selama lima tahun terakhir ini, ia berupaya keras melakukan hal terbaik walaupun tidak mudah dan banyak tantangan yang telah diperjuangkan.

"Sesuai norma yang ada, JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) setelah lima tahun memang harus dievaluasi. Tentu saya juga harus mempertimbangkan secara pribadi karir sebagai dosen," tuturnya di Kantor Dinas Pendidikan Kota Bandung, Selasa (29/1/2019).

"Usia sudah 57 tahun dan alhamdulillah jabatan di dosen sudah Lektor Kepala sehingga batas pensiun saya 65 tahun. Namun demikian ada harapan saya bisa mencapai puncak karir dunia akademik yaitu guru besar yang tentu butuh persiapan dan waktu," tambahnya.

Sebagai orang yang berdedikasi pada dunia pendidikan, Elih percaya, lepasnya jabatan sebagai Kadisdik hanyalah soal kedinasan. Karena dirinya yang ber-KTP Bandung tentu akan tetap berkontribusi dalam bentuk lain. Sebagai dosen bisa melakukan penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat sebagaimana Tri Dharma perguruan tinggi.

"Mudah-mudahan dengan masa berhenti saya ini tidak ada persepsi buruk baik bagi Pemkot Bandung maupun bagi diri saya pribadi. Apapun yang sudah dikerjakan itulah yang memang bisa dikerjakan," kata Elih.

"Baik buruknya secara normatif bergantung pada hasil pemeriksaan pekerjaan. Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada pekerjaan yang jadi persoalan besar. Mudah-mudahan setelah ini dunia pendidikan akan menjadi lebih baik lagi," lanjutnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menjelaskan, untuk sementara waktu tampu kepemimpinan Dinas Pendidikan Kota Bandung akan dipegang oleh Pelaksana Tugas yakni Hikmat Ginanjar. Saat ini Hikmat menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung.

"Sekarang (Elih) sudah resmi kembali ke UPI. Mang Oded sudah undang dan bertemu. Adapun Plt langsung oleh pak Hikmat," ungkapnya.

Atas nama Pemerintah Kota Bandung, Oded pun mengucapkan terima kasih banyak kepada Elih yang telah memberikan kontribusinya yang luar biasa selama lima tahun ke belakang.

"Dia sudah memulai membangun sistem PPDB dari awal dan ternyata sekarang diadopsi oleh Kementerian Pendidikan. Mang Oded sangat berterima kasih kepada pak Elih Karena sudah berkontribusi pikiran, waktu, dan tenaganya kepada Pemkot Bandung," katanya.

Disinggung mengenai siapa yang bakal menduduki jabatan yang ditinggalkan Elih secara permanen, Oded belum dapat memastikannya. 

"Lima (jabatan) open bidding, tapi masih dinamis. Nanti saja kalau sudah disampaikan ke Kemendagri dan mendapatkan jawaban. Khawatir berubah," sebutnya.  Red

kilas media

@ Hikmah Harian

”Islam dibangun atas lima perkara, yaitu : (1) bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar untuk diibadahi kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan-Nya, (2) mendirikan shalat, (3) menunaikan zakat, (4) naik haji ke Baitullah (bagi yang mampu, pen), (5) berpuasa di bulan Ramadhan.” (Lafadz ini adalah lafadz Muslim no. 122)

Subscribe via Email :